Langsung ke konten utama

Madu Untuk Asma ? Benarkah Bermanfaat ? HOAX atau FAKTA ?

https://bacalagibiartahu.blogspot.com/2020/05/madu-untuk-asma-benarkah-bermanfaat.html
Sumber gambar : https://www.youtube.com/watch?v=1Pw5-86NJV4

Ada yang pernah baca atau pernah dengar Manfaat MADU untuk ASMA ?

Pernah ?

Atau baru mendengar ?

Jika keduanya dan penasaran...

Anda berada di tempat yang tepat... Karena blog ini Anda akan mendapatkan artikel LENGKAP BANGET tentang manfaat dan khasiat madu untuk pengobatan penyakit asma.

Penasaran ?

Let's cekidot...

Tapi sebelumnya... Mari ketahui terlebih dahulu apa itu Asma...

Apa saja gejala Asma ?

Apa penyebab Asma ?

Adakah komplikasi berbahaya penyakit ASMA ?

Mari membaca...

Apa itu ASMA ?


Asma adalah kondisi medis yang mempengaruhi saluran udara (saluran pernapasan yang membawa udara ke paru-paru kita).

Dari waktu ke waktu, penderita asma merasa lebih sulit untuk bernapas masuk dan keluar, karena saluran udara di paru-paru mereka menjadi lebih sempit.

Penyakit asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan saluran udara menjadi meradang, sehingga sulit bernapas.

Data Kemenkes mengungkap, angka prevalensi kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) selama 2013-2018 meningkat sampai 34 persen di Indonesia. Jenis PTM ada banyak.

Sebagai contoh alergi, diabetes, rematik, depresi, hipertensi, stroke, paru-paru basah, dan asma. Dari sekian banyak kasus PTM, yang paling banyak diidap masyarakat adalah asma.

Data menunjukkan, 4,5 persen penduduk Indonesia menderita asma. Jumlah kumulatif kasus asma sekitar 11.179.032 penderita.

Data survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), tingginya penderita penyakit asma berkontribusi terhadap beban ekonomi pada anggaran BPJS kesehatan.

Apa saja Gejala penyakit ASMA ?


Gejala umum adalah batuk, sesak napas, mengi dan sesak dada. Asma dapat menyebabkan darurat medis. Penting untuk mengetahui tanda-tanda episode asma yang parah (atau serangan asma).

Saluran udara paru-paru kita dikelilingi oleh otot dan mengandung kelenjar lendir. Otot-otot ini biasanya rileks tetapi jika Anda memiliki asma, mereka seringkali sensitif dan meradang.

Dibawah ini gejala asma :

Batuk

Batuk secara teratur sering terjadi pada malam hari atau dini hari, walaupun dapat terjadi kapan saja.

Batuk merupakan gejala utama asma, terutama pada anak-anak. Terkadang, batuk terus-menerus bisa menjadi satu-satunya tanda asma.

Mengi

Mengi merupakan bernafas dengan susah payah dan dengan suara siulan dari saluran udara Anda.

Napas pendek

Napas pendek memberi Anda perasaan bahwa Anda tidak bisa bernapas dengan cukup baik. Anda bahkan mungkin kesulitan makan, tidur atau berbicara.

Sesak dada

Sesak dada adalah perasaan berat atau tekanan yang tidak menyenangkan di dada. Ini bisa membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Peningkatan produksi lendir

Peningkatan produksi lendir ditandai dengan tingginya kadar cairan kental yang terakumulasi di saluran udara Anda.

Gejala-gejala ini dapat terjadi secara perlahan selama berjam-jam atau berhari-hari, atau mereka dapat datang secara tiba-tiba, serangan berulang setelah gejala dapat bertahan selama beberapa waktu sebelum menghilang.

Jika tidak diobati, asma dapat menyebabkan perubahan struktural permanen pada saluran udara Anda yang disebut - "renovasi saluran napas," - itulah sebabnya penting untuk mengendalikan asma dan tetap mengobatinya dalam jangka panjang.

Penyebab ASMA ?


Tidak ada yang dapat mengatakan dengan pasti apa yang menyebabkan asma. Namun, para peneliti telah menentukan bahwa faktor-faktor risiko berikut dapat menyebabkan perkembangan asma :

Riwayat keluarga / genetika

Anak-anak dari ibu dengan asma 3 kali lebih mungkin menderita asma, dan 2,5 kali lebih mungkin jika ayah menderita asma.

Lebih dari 30 gen telah dikaitkan dengan asma sejauh ini, dan interaksi gen-gen, interaksi gen-lingkungan dan modifikasi epigenetik juga berperan. Perbedaan genetik juga berperan dalam perbedaan dalam respons terhadap pengobatan.

Alergi

Orang lebih mungkin menderita asma jika mereka memiliki jenis alergi tertentu, yang dapat mempengaruhi mata dan hidung.

Namun, tidak semua orang yang menderita alergi akan menderita asma dan tidak semua orang yang menderita asma dipengaruhi oleh alergi.

Alergi pernapasan serta beberapa jenis asma berhubungan dengan antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE), yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap alergen.

Untuk melindungi tubuh, IgE menyebabkan reaksi alergi yang dapat memengaruhi mata, hidung, tenggorokan, paru-paru dan kulit.

Kelahiran prematur

Anak-anak yang lahir sebelum 37 minggu berisiko lebih tinggi terkena asma nanti.

Infeksi paru-paru

Bayi atau anak kecil mungkin berisiko terkena asma nanti jika mereka menderita infeksi paru-paru tertentu pada usia yang sangat dini.

Paparan kerja

Ada lebih dari 200 zat termasuk gas, partikel debu dan uap kimia serta uap yang dapat menyebabkan asma di tempat kerja.

Jenis asma yang dikenal sebagai asma akibat kerja adalah penyebab umum timbulnya asma pada orang dewasa.

Hormon

Beberapa wanita dapat mengembangkan asma awitan dewasa selama atau setelah menopause.

Lingkungan

Merokok, asap knalpot, dan partikel partikel di udara dapat dihubungkan dengan penyebab asma.

Obesitas

Berat ekstra di sekitar dada mungkin menekan paru-paru dan membuatnya lebih sulit untuk dihirup. Jaringan lemak menghasilkan zat peradangan yang dapat memengaruhi paru-paru dan memengaruhi asma.

Para peneliti telah menemukan banyak hal lain yang dapat membantu menjelaskan mengapa asma begitu umum, tetapi kita belum tahu persis mengapa beberapa orang menderita asma dan yang lain tidak.

Benarkah ASMA berbahaya hingga MENYEBABKAN KEMATIAN ?


Dilansari dari laman Mayoclinic.org, berikut ini sejumlah komplikasi penyakit ASMA yang HARUS Anda waspadai :

  1. Tanda dan gejala yang mengganggu tidur, pekerjaan atau kegiatan rekreasi.
  2. Penyempitan permanen saluran bronkial (renovasi saluran napas) yang memengaruhi seberapa baik Anda bernapas.

Selain hal diatas, berikut ini 5 komplikasi asma lain yang dilansir dari laman hellosehat.com, diantaranya :
  1. Tidak bebas beraktivitas
  2. Mengalami gangguan tidur
  3. Timbul masalah psikologi
  4. Membutuhkan biaya pengobatan yang lebih banyak
  5. Komplikasi pada saluran pernapasan
Meskipun jarang terjadi, asma terkadang dapat menyebabkan komplikasi pernafasan yang mengancam jiwa termasuk pneumonia (infeksi paru-paru), pneumotoraks (kolaps sebagian atau seluruh paru-paru), kegagalan pernafasan atau status asmatikus (serangan asma berat yang tidak berespon terhadap pengobatan).

Menurut Global Initiative for Asthma, sekitar satu dari 250 kematian terjadi setiap tahun di seluruh dunia karena asma. Tetapi banyak dari kematian ini sebenarnya dapat dicegah dengan gejala dan perawatan darurat yang tepat.

Madu Untuk Asma ? Benarkah Bermanfaat ? HOAX atau FAKTA ?


Sifat antioksidan dari madu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melindunginya dari flu biasa dan flu yang dapat memicu asma.

Madu juga membersihkan kemacetan dada. Minyak halus dan alkohol dalam madu perlahan membersihkan lendir di tenggorokan.

Berbagai kandungan mineral dan vitamin dari madu seperti magnesium, mangan, selenium dan asam amino, membantu membersihkan penyumbatan dari jalan napas di paru-paru. Madu membantu menenangkan membran di saluran bronkial.

Madu disebut-sebut oleh ABC News sebagai jenis pengobatan alternatif yang dapat membantu meredakan batuk.

Madu dapat digunakan untuk mengobati batuk dan mengi selanjutnya terkait dengan asma. Menurut ABC News, madu menenangkan selaput lendir di saluran udara Anda.

Akumulasi lendir dalam tabung bronkial, lebih dikenal sebagai penyempitan jalan nafas, adalah salah satu penyebab gejala asma.

ABC News melaporkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine mengungkap bahwa madu efektif untuk mengobati batuk malam hari pada anak-anak. Jenis batuk yang sama dikaitkan dengan asma.

Madu telah digunakan sebagai obat alami dalam budaya di seluruh dunia selama berabad-abad.

Ini memiliki sifat antioksidan yang melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Banyak orang mengambil madu karena kemampuannya untuk meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Madu juga merupakan obat rumahan untuk gejala alergi.

Para peneliti di UCLA menyarankan mengambil 2 sendok teh madu sebelum tidur. Diyakini bahwa manisnya madu memicu kelenjar ludah Anda untuk menghasilkan lebih banyak air liur.

Ini bisa melumasi saluran udara Anda, meredakan batuk. Madu juga dapat mengurangi peradangan di saluran bronkial (saluran udara di dalam paru-paru) dan membantu memecah lendir yang membuat Anda sulit bernapas.

Well... Itulah khasiat madu untuk asma...

Semoga Artikel ini bermanfaat...

Terimakasih...

Baca juga :
Sumber :
  • https://usheath.com/bai/honey-for-asthma-does-it-work
  • https://healthfully.com/honey-asthma-4892267.html
  • https://www.nationalasthma.org.au/understanding-asthma/what-is-asthma
  • https://asthma.ca/get-help/asthma-3/diagnosis-3/how-to-tell-you-have-asthma/
  • https://www.practo.com/health-wiki/asthma-symptoms-complications-and-treatment/12/article
  • https://www.dabur.com/daburhoney/benefits-of-honey/honey-for-health/honey-for-asthma
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/asma/5-komplikasi-asma-yang-muncul/
  • https://sains.kompas.com/read/2019/10/15/110947623/asma-penyakit-tidak-menular-yang-paling-banyak-diidap-orang-indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Testimoni Manfaat Madu KESAGI, Hub: 081312410242

Review Manfaat Madu KESAGI Sebagai Suplemen Pria Dewasa BPOM Untuk Kepuasan Suami Isteri !!! Jika Anda mau tahu apa saja FAKTA manfaat KOSAGI atau KESAGI untuk vitalitas pria SUPER LENGKAP, khususnya yang sudah menikah... Anda berada di website yang tepat... Karena artikel ini, akan membahas FULL apa saja sebenarnya khasiat dan manfaat Madu KESAGI yang dikategorikan sebagai Suplemen pria dewasa... Baca juga : Ciri ciri kesagi asli dan palsu Baca Selengkapnya , Efek Samping Minum Madu Kesagi So... Let's cekidot... Anda bisa order atau pesan disini via WhatsApp/ SMS/ Telepon ke : 0813-1241-0242 Atau KLIK DISINI BONUS : ✅ Beli 1 BOX : GRATIS Kondom Gerigi 1 Pcs atau Tissue Magic ✅ Beli 2 BOX : GRATIS Minyak Lintah Hitam Papua Pembesar Penis Atau Hajar Jahannam Premium ✅ Beli 3 BOX : GRATIS Kondom Gerigi 1 Pak (3 pcs) & Minyak Lint-ah Hitam Papua Pembesar Penis Atau Hajar Jahannam Premium JAMINAN / GARANSI : ✅ 100% Original ✅ Barang selalu ready ✅ Barang dijamin asli gara

Kumpulan REAL TESTIMONI SABUN KLINSKIN 2020 Terbaru

Sedang mencari-cari artikel yang membahas tentang TESTIMONI SABUN KLINSKIN dengan LENGKAP Banget ? Iya ?? Benarkah Sabun KLINSKIN bisa juga digunakan untuk wajah ? Menghilangkan jerawat ? Sekaligus mencerahkan dan membuat kulit bersih seperti kulit bayi ? Apa kata para pengguna dan pemakai setelah menggunakan Sabun KLINSKIN ? Daripada Anda penasaran... Langsung saja lihat kesaksian dan TESTIMONI SABUN KLINSKIN di bawah ini... But... Beforeee... Sedikit saya akan jelaskan apa itu Sabun Klinskin, apa saja kandungannya dan Sabun klinskin apakah sudah bpom ? Sooo... Cekidot... Tanya-tanya, konsultasi dan pemesanan via WhatsApp ke  0813-1241-0242 Promo : 100 % Original Beli 2 Gratis 1 ( 3 ) Bisa Cod Bayar di Tempat Review SABUN KLINSKIN BEAUTY SOAP, Sabun pemutih badan dan wajah... Apa itu Sabun KLINSKIN ? Sabun Klinskin adalah Sabun pemutih badan dan wajah TERBAIK tahun 2020 dan banyak sekali dicari serta digunakan oleh hampir 9 dari 10 wanita di Indo

Apa itu Black Stone atau Batu Hajar Jahannam ?

Apa itu Black Stone atau Batu Hajar Jahannam ? Black Stone atau Batu Hajar Jahannam yang lebih dikenal di Indonesia adalah bentuk padat dari kerikil yang terbuat dari ekstrak pohon Uncaria, spesies dalam genus yang ditemukan Uncaria di Asia Tenggara, terutama Malaysia dan Indonesia. Hajar Jahannam adalah zat senyawa herbal alami yang diekstrak dari tanaman Uncaria alami yang hanya tumbuh di bagian ekuatorial dunia karena alasan iklim. Zat ini tidak berbau dan tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang Asia sebagai catechu untuk mengunyah pinang dan sirih, untuk penyamakan dan pewarnaan, dan sebagai obat herbal dan obat-obatan modern tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk menunda ejakulasi, meningkatkan kinerja seksual Anda, ereksi yang lebih keras dan bertahan lebih lama di tempat tidur. Apa manfaat Black Stone atau Batu Hajar Jahannam ? Obat herbal alami ini memberi Anda hubungan seks yang efektif, kuat, tahan lama dan ereksi paling suli